PELATIHAN ADVANCED ACCIDENT INVESTIGATION


 

PELATIHAN ADVANCED ACCIDENT INVESTIGATION

TRAINING ADVANCED ACCIDENT INVESTIGATION

 

DESKRIPSI PELATIHAN ADVANCED ACCIDENT INVESTIGATION

Dalam perusahaan, kecelakaan dapat terjadi saat melakukan suatu proses produksi, baik itu kecelakaan minor maupun kecelakaan mayor. Sebuah kecelakaan dapat mengakibatkan kerugian yang fatal baik fisik maupun materil, baik bagi organisasi maupun karyawan. Sebenarnya kecelakaan kerja dapat diminimalisir dan diatasi dengan mencari akar penyebab kecelakaan tersebut sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan yang significant untuk mencegah terjadinya kecelakaan di waktu selanjutnya. Pencegahan yang effektif akan dapat dilaksanakan apabila sudah diketahui sebab-sebab terjadinya kecelakaan, sedangkan untuk menemukan dan menetapkan penyebab terjadinya suatu kecelakaan harus terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kecelakaan atau accident investigation.

Investigasi Kecelakaan (Accident Investigation) merupakan salah satu elemen yang dipersyaratkan dan harus dipenuhi dalam mengimplementasikan Sistem Manajemen K3 secara komprehensif dan optimal selain bertujuan untuk menjaga serta meningkatkan nilai-nilai K3 perusahaan. Sebagian besar perusahaan kurang memperhatikan akan pentingnya melakukan investigasi terhadap setiap kecelakaan baik yang kejadian hampir celaka atau telah menimbulkan kerugian sehingga seringkali kecelakaan serupa cenderung terjadi kembali bahkan memberikan efek yang lebih besar. Salah satu upaya untuk mengurangi kerugian akibat kecelakaan adalah dengan mengadakan analisa terhadap setiap kecelakaan dan melakukan tindakan perbaikan agar kecelakaan serupa tidak terulang kembali. Melalui proses investigasi kecelakaan yang tepat dan menggunakan metode yang sesuai akan memudahkan tim investigasi dalam menemukan penyebab dasar (root cause) dari setiap kecelakaan sehingga hasil rekomendasi akan lebih tepat dan efektif dalam mencegah
terjadinya kecelakaan serupa.

Melalui program pelatihan Advanced Accident Investigation ini, para peserta akan diberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai cara-cara dan teknik dalam melakukan penyelidikan dan pelaporan kecelakaan melalui Root Cause Analysis Technique. Dalam pelatihan ini, peserta akan di tunjang untuk menguasai dan mampunyai pemahaman tentang konsep dalam penyelidikan komprehensif kecelakaan yang bertujuan untuk menyelidiki kecelakaan tersebut, dari hal yang praktis untuk dapat memiliki keterampilan yang baik dalam menganalisis penyebab kecelakaan dan melakukan investigasi perbaikan yang efektif dan efisien.

TUJUAN 

Tujuan dari diselenggarakannya pelatihan accident investigation ini bagi peserta dan perusahaan adalah:
1. Mampu untuk melaksanakan dan melakukan penyelidikan kecelakaan dan menganalisis setiap kejadian kecelakaan di tempat kerja, sehingga dapat menghasilkan temuan-temuan (finding) yang berkaitan dengan kecelakaan tersebut.
2. Dapat dapat menerapkan konsep Penyelidikan Kecelakaan di bidang kerjanya masing-masing sesuai dengan konsep CLC.
3. Dapat memahami sebab-sebab dan dampak dari kecelakaan, sehingga dapat mendapatkan kronologi kecelakaan yang tepat dan menetapkan critical factor (faktor kritis) serta mampu mengaplikasikan lembar kerja pemeriksaan kecelakaan atau Root Cause Analysis Technique.
4. Dapat menentukan akar penyebab kejadian kecelakaan kerja (bukan menetapkan siapa yang salah atau mencari kesalahan, tetapi mencari apa yang salah sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan).
5. Mempelajari upaya keselamatan dari kecelakaan yang pernah terjadi dan dapat menetapkan rekomendasi tindakan perbaikan.
6. Dapat melakukan pencegahan agar kecelakaan yang sama tidak terulang kembali dan dapat meminimalisir kemungkinan dampak atau akibat dari kecelakaan yang sudah pernah terjadi.
7. Memberikan kesadaran mengenai pentingnya menjaga keselamatan dan mencegah kecelakaan di tempat kerja dengan membangun tempat dan lingkungan kerja yang aman.

MATERI TRAINING ADVANCED ACCIDENT INVESTIGATION

1. Introduction: Definisi & konsep kecelakaan (Accident Concept)
2. Pentingnya Pelaporan dan Penyelidikan Kecelakaan Kerja
3. Loss Causation Models
4. Accident Prevention Techniques
5. Accident Investigation – Introduction
6. Pendekatan Investigasi yang sistematis
7. Introduction CLC Process
8. CLC Elements (Immediate Causes)
9. Root cause analysis/Analisa: akar penyebab terjadinya Kecelakaan
10. CLC Elements (Basic Causes)
11. CLC Element ( Corrective Action)
12. Accident Investigation – Techniques
13. Human Factors in Accident Investigation
14. Penetapan langkah-langkah perbaikan yang tepat & penerapan pencegahan terjadinya kecelakaan kerja di lapangan
15. Penelusuran kejadian, dokumentasi dan pencatatan
16. Group Exercises / Discussions /Presentations.
17. Safety Films / VCD Shows
18. Pre-Test, Post-Test, Course Evaluation

INSTRUKTUR

Jamalludin Harahab, Ir., SE, MSi. Candid. DR. & team