PELATIHAN MENGELOLA PERTUMBUHAN USAHA BAGI UKM MITRA BINAAN PROGRAM CSR/PKBL


PELATIHAN MENGELOLA PERTUMBUHAN USAHA BAGI UKM MITRA BINAAN PROGRAM CSR/PKBL

DESKRIPSI MENGELOLA PERTUMBUHAN USAHA BAGI UKM MITRA BINAAN PROGRAM CSR/PKBL

Usaha kecil dan menengah atau yang disebut UKM merupakan salah satu kekuatan  pendorong terdepan dalam  pembangunan ekonomi. Gerak sektor usaha kecil dan menengah amat vital untuk menciptakan pertumbuhan dan lapangan pekerjaan. UKM cukup fleksibel dan dapat dengan mudah beradaptasi dengan pasang surut dan arah permintaan pasar. Mereka juga menciptakan lapangan pekerjaan lebih cepat dibandingkan sektor usaha lainnya dan juga cukup memberikan kontribusi penting dalam ekspor dan perdagangan. Karena itu UKM merupakan aspek penting dalam pembangunan ekonomi nasional.

Kita semua berkepentingan agar semakin banyak UKM yang tumbuh sehat dan kompetitif, bukan UKM yang direkayasa oleh pemerintah atau siapapun. Oleh karenanya keberhasilan UKM lebih ditentukan oleh faktor kualitas dan manfaat serta berorientasi kepada pasar dengan fasilitasi bantuan kredit kemitraan dari berbagai pihak, termasuk di kalangan perbankan nasional. Kemitraan menurut UU Nomor 9 Tahun 1995 dikatakan sebagai kerjasama usaha kecil dengan usaha menengah atau dengan usaha besar disertai pembinaan dan pengembangan oleh usaha menengah atau usaha besar dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat, dan saling menguntungkan, sebagai landasan pengembangan usaha. Hal ini bertujuan untuk mendorong dan menumbuhkan pengusaha kecil tangguh dan modern, pengusaha kecil sebagai kekuatan ekonomi rakyat dan berakar pada masyarakat, serta pengusaha kecil yang mampu memperkokoh struktur perekonomian nasional yang lebih maju dan berkeadilan.

Usaha Besar (BUMN dan Swasta Nasional) mempunyai kewajiban yang semestinya harus diwujudkan yakni membina usaha kecil untuk bersama sama meningkatkan perekonomian nasional. Namun, agar upaya tersebut dapat dicapai dengan optimal, perlu dilakukan pembenahan berupa pembinaan terhadap beberapa aspek yang selama ini dinilai masih menjadi permasalahan yang dihadapi UKM meliputi: aspek permodalan, pemasaran, bahan baku, teknologi, manajemen, birokrasi, infrastruktur, dan perlunya kemitraan usaha.

Sebagai salah satu bagian dari program CSR/PKBL, perlu dilaksanakan  pembinaan dalam rangka peningkatan produktifitas mitra nasabah/ binaan dalam bentuk hibah untuk membiayai pendidikan, pelatihan, pemagangan, pemasaran, promosi dan pengkajian/penelitian yang berkaitan dengan program kemitraan.

Workshop ini dimaksudkan sebagai bagian dari pembinaan bagi para UKM mitra binaan Program CSR/PKBL yang telah mendapatkan kredit/ bantuan modal dan dukungan lainnya dari Program CSR/PKBL terkait. Fokus dari workshop ini adalah memfasilitasi para mitra binaan Program CSR/PKBL untuk dapat melewati dan mengelola pertumbuhan bisnisnya secara efektif dan produktif untuk meningkatkan kemampuannya, baik dalam meningkatkan produksi maupun dalam pemasaran produknya serta posisi kompetitifnya di dalam pasar sehingga menjadi UKM yang tangguh dan mandiri.

 

 

MATERI MENGELOLA PERTUMBUHAN USAHA BAGI UKM MITRA BINAAN PROGRAM CSR/PKBL

* Mengelola Pertumbuhan Bisnis

* Strategi Bisnis dalam Fase Pertumbuhan

* Strategi Marketing dalam Fase Pertumbuhan

* Pengembangan Organisasi di dalam Fase Pertumbuhan

* Mengelola Aspek SDM dan Memimpin Teamwork

* Budaya, Kreativitas dan Continuous Learning & Change

* Analisa Kesehatan Finansial Perusahaan

* Sistem Informasi Manajemen & Pengendalian Keuangan

* Perencanaan  Masa Depan & Memelihara Pertumbuhan

* Berbagai Masalah dan Tantangan Perilaku & Etikal bagi Pengelola UKM

 

 

PESERTA

* Pengelola UKM yang telah mendapatkan kredit dan bantuan permodalan dari Program CSR/PKBL.

* Staf dan Pelaksana Program CSR/PKBL.

* Pendamping dan Fasilitator UKM Mitra Binaan Program CSR/PKBL.

 

 

Jadwal Pelatihan di Diorama Training :

  • 13 – 15 Februari 2018
  • 10 – 12 April 2018
  • 17 – 19 Juli 2018
  • 18 – 20 September 2018
  • 16 – 18 Oktober 2018
  • 26 – 28 Desember 2018

*Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

Lokasi Pelatihan Diotraining.com :

  1. Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant)
  2. Jakarta, Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant)
  3. Bandung, Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant)
  4. Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant)
  5. Lombok, Hotel Jayakarta (7.500.000 IDR / participant)

Investasi Pelatihan tahun 2018 ini :

Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Pelatihan di Diorama :

  1. FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
  2. FREE Akomodasi Peserta ke tempat pelatihan .
  3. Module / Handout
  4. FREE Flashdisk
  5. Sertifikat
  6. FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
  7. Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  8. 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  9. FREE Souvenir Exclusive